BUKANMAEN.COM – Ketika kamu menjadi mahasiswa tingkat akhir, tentu kamu sudah tidak asing dengan kata “sempro”. Bahkan di antaranya akan merasa takut dan khawatir bila mendengar apalagi menghadapi sempro. Taukah kamu bahwa sempro dan skripsi adalah dua hal yang berbeda? Ya keduanya berbeda ya teman-teman. Sebelum membahas tips agar proposal skripsi diterima oleh dosen, mahasiswa wajib tau apa itu sempro.

Sempro adalah seminar proposal atau laporan pengajuan rencana tentang ide penelitian yang akan dilakukan. Laporan ini berisi bab 1, 2, dan 3 yang nantinya akan dipresentasikan di depan pembimbing dan penguji. Sedangkan skripsi berisi mulai dari perencanaan hingga hasil dari penelitian yang kamu lakukan.

Melalui sempro, dosen akan melihat apakah rencana penelitian yang akan kamu lakukan layak atau tidak untuk dijadikan skripsi.

Tips Agar Proposal Skripsi Diterima

Ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan agar ide penelitian dapat diterima oleh dosen. Berikut ulasannya!

1. Paham Terhadap Materi

Tips pertama yaitu kamu harus memahami materi yang kamu angkat untuk dijadikan skripsi. Tidak perlu takut jika kamu memahami topik hingga metodologi yang kamu gunakan. Pastikan kamu dapat meyakini dosen dengan bukti-bukti ilmiah yang tentunya untuk memperkuat argumenmu.

Ingat, gunakanlah teori yang sudah kamu pahami agar tidak menjadi boomerang untuk dirimu sendiri.

2. Menguasai Isi Proposal

Pastikan kamu sudah menguasai isi proposal. Pahami setiap kalimat, cek Kembali apakah masih ada kalimat yang tidak kamu pahami. Apa yang kamu tulis di dalam proposal, nantinya akan kamu pertanggung jawabkan di depan dosen penguji dan pembimbing loh. Jadi, cek Kembali yah mana tau masih ada yang tidak kamu kuasai.

3. Membuat Presentasi yang Informatif, Jelas, dan Menarik

Yang menjadi aspek penting yaitu presentasi. Melalui presentasi dosen penguji dan pembimbing akan melihat apakah kamu paham terhadap topik yang kamu angkat. Perrcuma jika kamu sudah membuat proposal dengan sangat baik tapi buruk Ketika mempresentasikannya. Buatlah oin-poin penting dari proposal yang sudah dibuat agar mudah untuk kamu mempresentasikannya.

Selain itu, tampilan presentasi yang menarik juga menjadi poin penting untuk audiens agar memperhatikan seluruh presentasi.

4. Mempersiapkan Pertanyaan dan Jawaban yang mungkin saja ditanya

Sebelum melakukan presentasi, persiapkanlah pertanyaan dan jawabannya yang mungkin saja akan ditanyakan. Catatlah jawabannya di kertas agar mudah untuk kamu ingat atau buka. Jadi Ketika pertanyaan tersebut muncul, kamu bisa menjelaskannya dengan siap karena sudah diperkirakan.

5. Latihan

Sebelum presentasi, cobalah untuk melakukan Latihan agar kamu lebih terbiasa untuk berbicara dan menjelaskan tentang topik yang kamu angkat. kamu bisa berlatih presentasi di depan orang tua, teman, ataupun kaca. Cobalah untuk tidak terlihat kaku dan mainkanlah body language kamu saat berbicara. Dengan melakukan banyak Latihan akan mengurangi rasa gugup.

Itulah beberapa tips yang dapat kamu lakukan agar proposal skripsi diterima dosen penguji dan pembimbing. Semoga sukses!

Baca juga: 3 Ide Ice Breaking Yang Harus Pengajar Tahu!, Tips Meningkatkan Konsistensi Diri Sendiri!, Tips Mengetahui Toxic People Di Lingkunganmu!