BUKANMAEN.COM – Orang tua harus tahu tahapan minat dan bakat anak mulai dari tahap mengenali hingga tahap mengembangkan. Dari anak usia dini mesti dikenali apa itu minat dan bakat, dengan begitu mereka dapat mengetahui apa yang mereka suka sesuai usianya. Jika anak sudah mengetahui minat dan bakat mereka, nantinya akan sangat berguna karena akan menjadi life skill mereka. Kemampuan tersebut dapat mereka gunakan untuk mencari peluang dan bertahan hidup.

Dalam tahapan minat dan bakat ada 5 tahap bagaimana cara agar minat dan bakat mereka dapat berkembang dengan baik. Mereka juga harus dikenalkan sejak dini dan diarahkan dengan tepat sesuai usianya. Inilah tahapan minat dan bakat anak, simak berikut ini!

1. Beri stimulus pada anak

Pastikan kamu memberikan stimulus pada anak. Dengan begitu mereka bisa melakukan eksplorasi secara mandiri terhadap lingkungan sekitarnya. Kenali dan beri kesempatan pada anak untuk belajar mengenali berbagai bentuk kegiatan yang bisa mereka lakukan. Misalnya bermain bola, berolahraga, bermain alat musik, bernyanyi, dan kegiatan lainnya yang menyenangkan dan bermanfaat. Orang tua akan mengetahui minat dan bakat anak dari stimulant yang telah diberikan pada anak.

2. Memperhatikan bagaimana tingkah laku anak

Tahap selanjutnya yaitu memperhatikan bagaimana anak berperilaku. Kamu perlu memperhatikan bentuk aktivitas mana yang menyenangkan dan disukai anak. Jika ada beberapa aktivitas yang dilakukan anak secara berulang dan terus menerus, berarti anak merasa tertarik pada aktivitas tersebut.

3. Memperhatikan bentuk kecerdasan anak

Tahukah kamu, terdapat beberapa kecerdasan yang tentunya dimiliki anak. Seperti kecerdasan logika matematika, kecerdasan Bahasa, kecerdasan kinestetik, kecerdasan interpersonal, dan lainnya. Kecerdasan-kecerdasan tersebut disebut multiple interlligence loh berdasarkan penelitian yang dilakukan di Harvard University.

4. Memberikan kebebasan pada anak untuk bereksplorasi

Saat kamu sudah mengetahui apa yang anak sukai, maka berikanlah kebebasan untuk anak bereksplorasi ya. Tujuannya agar anak bisa mengekspresikan kemampuan mereka. Kamu juga bisa memberikan kesempatan untuk anak bergabung dengan komunitas yang dapat mengembangkan minat dan bakat mereka loh.

5. Berilah dukungan

Agar anak lebih maksimal dalam mengembangkan minat dan bakat mereka, maka berilah dukungan agar makin bersemangat. Pastikan kamu selalu menghargai apa yang mereka lakukan. Jangan lupa untuk memberikan pujian dan apresiasi saat anak mencapai sesuatu, dan jangan lupa pula tetap memberikan dukungan saat anak merasa lelah.

Itulah beberapa tahapan minat dan bakat pada anak yang perlu orang tua tahu.

Baca juga : Tips Menjaga Suhu Tubuh Ketika Berolahraga Yang Wajib Kamu Tahu, Ketahuilah Manfaat Bermain Sendiri Pada Anak!, Inilah Pemanfaatan Teknologi Dalam Bisnis Yang Perlu Kamu Tahu