BUKANMAEN.COM – Tahukah kamu bahwa terdapat banyak manfaat bermain sendiri pada anak. Hal ini telah didukung oleh beberapa peneliti yang telah melakukan penelitian. Hasilnya yaitu anak akan lebih mudah memahami dan belajar, melatih cara berfikir, dan meningkatkan kemampuan kerja otak. Anak-anak juga tetap harus melakukan interaksi dan bermain dengan temannya. Kedua hal tersebut harus imbang ya.

Berinteraksi dan bermain bersama teman tentu tetap harus dilakukan. Namun, jika anak ingin bermain sendiri maka biarkanlah, jangan sampai kamu larang ya. Bermain sendiri memiliki banyak manfaat loh untuk anak. Simak berikut ini!

1. Anak akan belajar bagaimana cara menghibur diri sendiri

Manfaat pertama pada anak yaitu mereka akan belajar bagaimana cara menghibur diri sendiri. Dengan begitu, anak-anak akan bisa menghibur diri tanpa mengandalkan orang lain. Mereka juga akan belajar bagaimana membahagiakan diri sendiri, dan mengerti bahwa tidak semua orang mampu membuat kita merasa bahagia. Saat anak mampu menghibur diri sendiri, maka mereka akan lebih mudah percaya diri dalam menentukan pilihan.

2. Anak belajar mandiri

Saat anak bermain sendiri, secara tidak langsung akan melatih anak untuk belajar mandiri. Dengan adanya kemandirian pada anak, mereka akan lebih mudah untuk bertahan dalam kondisi apapun. Mereka akan tumbuh menjadi anak yang tidak bergantung dan tidak mengandalkan orang lain. Karena tidak semua orang akan selalu ada di sisi mereka nantinya.

3. Anak belajar untuk mampu menyelesaikan masalah dan mengontrol emosi

Bermain sendiri akan membangun rasa percaya diri anak. Anak akan belajar bagaimana cara menyelesaikan masalah yang tengah dihadapi saat bermain. Selain itu, anak juga akan belajar bagaimana mengontrol emosi mereka. Jika anak sudah memahami emosi, maka mereka akan mampu mengendalikannya.

4. Anak belajar mengembangkan imajinasi mereka

Manfaat selanjutnya yang akan didapat yaitu anak mampu mengembangkan imajinasi mereka. Saat kepercayaan diri mereka terbentuk, tentu mereka akan lebih berani menembangkan ide dan imajinasinya. Saat kamu membiarkan anak bermain sendiri, mereka akan berekplorasi dengan sendirinya. Makanya tidak heran saat mereka berakting menjadi pahlawan super, bu guru, atau menjadi seorang ratu.

5. Bermain sendiri lebih menenangkan

Tahukah kamu bermain sendiri pada anak lebih menangkan. Bermain bersama orang lain tentu terasa lebih melelahkan. Maka, berilah waktu untuk anak bermain sendiri agar membuatnya merasa tenang dan nyaman.

Akan tetapi, tetap imbangin anak untuk bermain bersama temannya. Jangan sampai anak malah terbiasa untuk sendiri dan tidak bersosialisasi dengan yang lain.

Itulah beberapa manfaat bermain sendiri pada anak yang perlu orang tua ketahui.

Baca juga: Inilah 5 Etika Bisnis Di Kantor Yang Wajib Kamu Terapkan, Trik Belajar Matematika Agar Mudah Dipahami